Desain Permodelan Grafis
Met membaca …
Sebelum kita mengetahui lebih jelas mengenai judul di atas, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu “Desain”, “Permodelan” dan “Grafis”.
Pengertian Desain dari beberapa sumber adalah diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Biasanya kata “Desain” digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, kata "Desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, kata "Desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Pengertian Permodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai permodelan 3 dimensi (3D modelling). Permodelan dalam suatu rekayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal. Di dalam suatu rekayasa dalam perangkat lunak sebenarnya masih memungkinkan tanpa melakukan suatu permodelan. Permodelan dalam perangkat lunak merupakan suatu yang harus dikerjakan di bagian awal dari rekayasa, dan pemodelan ini akan mempengaruhi perkerjaan-pekerjaan dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.
Pengertian Grafis adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model serta citra.
Setelah kita mengetahui dan mengerti pengertian dari setiap kata tersebut, barulah kita dapat menyimpulkan apakah itu Desain Permodelan Grafis. Desain Permodelan Grafis adalah proses untuk menciptakan suatu grafis dengan melalui proses permodelan. Maksudnya adalah sebelum sebuah grafis diciptakan atau dibuat, maka harus dijalankan sebuah permodelan. Dimana permodelan tersebut dapat disesuaikan dengan apa yang kita inginkan. Sebelumnya hal yang penting yang harus kita ketahui adalah Desain Permodelan Grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik computer :
1.Permodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
4.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
5.Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
6.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
7.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Penjelasannya :
1.Permodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
• Shape/bentuk
• Posisi
• Orientasi (cara pandang)
• Surface Properties/Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
• Volumetric Properties/Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
• Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
• Jala-jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
• Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
• CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.
Elemen-elemen pembentuk Grafik Geometri
Pemrosesan citra untuk ditampilkan di layar
Hardware Display Grafik : Vektor
1. Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
2. Arsitektur Vektor
Hardware Display Grafik : Raster
1. Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer
2. Arsitektur Raster
referensi : www.google.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar